Berapakah Harga Jas Pria Yang Layak Anda Beli?

By Vincent Lee | Edukasi Jas

Apr 28

Judul diatas cukup sederhana tapi kami yakin mayoritas orang masih ‘keliru’ dalam menentukan harga Jas pria yang layak untuk Anda bayar.

Di dunia ini, terdapat custoemr yang hanya "berani" membayar 2 juta untuk membuat 1 set jas pria (jas dan celana), sementara di sisi lain banyak customer yang rela mengeluarkan uang 10 – 30 juta untuk 1 set jas pria.

Hal apa sesungguhnya yang membuat harga JAS berbeda sangat jauh?

Nah… di postingan ini kami membahas lebih detail tentang hal – hal apa sebenarnya yang perlu Anda perhatikan dengan seksama, dan juga apa saja pertanyaan yang perlu Anda tanyakan ke vendor pembuat Jas sehingga Anda benar – benar mendapatkan Jas yang sesuai dengan budget yang Anda miliki, dan tidak menyesal di kemudian hari.

Kami yakin beberapa diantara Anda mungkin sudah tahu sekilas perbedaan harga Jas pria mahal dan murah, misalkan saja.. perbedaan di kualitas bahan kain Jas yang biasanya paling mudah dinilai dan dibicarakan.

Tapi Anda akan sangat kaget ketika kami katakan bahwa masih banyak hal – hal penting lainnya yang berpengaruh terhadap harga sebuah Jas, selain kualitas bahan semata.

Sama seperti analogi sebuah perlombaan mobil balap, dan goal utama Anda tentunya adalah melewati garis finish paling pertama.

Nah… pertanyaan kami adalah “Apakah Anda bisa menang, cukup dengan diberikan sebuah mobil Ferrari yang dapat melaju dengan kecepatan tinggi?”

Tentu tidak cukup hanya bermodalkan mobil cepat saja, tapi Anda juga harus memiliki skill mengemudi yang terampil, Anda harus hafal track nya (jam terbang tinggi), dan bahkan anda harus berlatih terus menerus agar benar – benar dapat melaju dengan mulus, dan ketika didukung dengan mobil balap yang sangat cepat, akhirnya Anda baru bisa memenangkan perlombaan tersebut.

Hal yang sama juga berlaku untuk pembuatan Jas pria, tidak cukup hanya melihat dari bahan kain nya saja (mobil cepat nya saja) tapi banyak hal lain yang menentukan harga Jas pria itu mahal atau murah.

Percuma saja ketika harga kainnya mahal, tapi vendornya tidak berpengalaman membuat Jas pria atau tidak mengetahui detail Jas yang perlu disesuaikan dengan postur unik tubuh Anda, maka tentu hasilnya pasti tidak sesuai dengan harapan Anda.

Pertanyaan apa yang perlu Anda ajukan, ketika akan membuat sebuah Jas pria?

1. Kualitas Bahan Kain.
Poin pertama ini paling sering digunakan vendor jas untuk menjelaskan / menjual Jas dengan harga lebih mahal kepada Anda. Mengapa? Tentu saja karena hal ini paling cepat & paling mudah ditunjukkan oleh vendor jas untuk meyakinkan Anda.

Hanya dengan menunjukkan beberapa sampel kain saja di depan mata Anda saat itu juga, dan kemudian vendor Jas meminta Anda meraba kainnya maka saat itu juga Anda langsung mengetahui perbedaannya (tentunya perbandingan kain yang ditunjukkan untuk Anda raba itu, harganya berbeda sangat jauh, sehingga perbedaannya langsung terlihat oleh orang awam sekalipun)

Anda bisa langsung merasakan halus / kasarnya kain dan juga warna kain nya. Biasanya kain yang lebih mahal memiliki tekstur yang jauh lebih halus serta warna yang lebih solid dari kain yang murah.

Cukup sederhana bukan… tapi apakah cukup dengan meraba dan melihat langsung seperti itu?

Mungkin sebelum membaca artikel ini, Anda seringkali bikin Jas hanya dikarenakan poin pertama ini, tapi setelah baca artikel kami ini ada baiknya Anda praktekkan tips yang akan kami berikan ini, khusus seputar bahan kain.

Apabila vendor Jas nya terbuka kepada Anda, maka seharusnya vendor juga menunjukan hasil jadi masing – masing bahan kain tersebut. Cara paling mudahnya adalah dengan memperlihatkan kepada Anda, 2 patung dimana masing- masing patung telah dipasangi jas dengan 2 bahan yang berbeda.

Apabila mata Anda cukup cermat, maka ketika Anda melihat langsung kedua jas itu depan mata seharusnya Anda dapat membedakan “jatuhnya bahan Jas tersebut saat jas dipakaikan di patung”.

Kami berikan tanda kutip diatas, karena itu biasanya istilah yang sering kami gunakan yaitu “jatuhnya bahan jas di patung” atau arti kata lainnya adalah bagaimana kain itu membentuk patung tersebut dari atas ke bawah.

Untuk bahan kain yang bagus / berkualitas, biasanya kain akan jatuh dengan sangat presisi, halus, tanpa terlalu banyak liuk – liuk berarti, sehingga kesan yang Anda dapatkan adalah jas itu tampak lebih rapi di patung sedangkan untuk bahan kain yang kurang berkualitas biasanya tidak semulus itu dan jatuhnya di patung cenderung berliuk – liuk

Anda dapat melihat perbedaan ini ketika Jas sudah jadi dan dipasang pada patung atau dikenakan pada tubuh orang, tapi apabila masih berupa lembaran / gulungan kain maka tentu semuanya akan terlihat sama saja dan semuanya tampak rapi bagus. (kami berikan fotonya diatas, tapi Anda akan sulit membedakannya dari foto. Kami sarankan dapat langsung untuk melihatnya)

Sangat disayangkan kalau Anda hanya melihat lembaran kain dan merabanya saja, kemudian Anda langsung memutuskan membuat Jas.

Mengapa? karena bahan kain yang harga nya mahal sekalipun ada juga yang memiliki tekstur lebih kasar dari bahan kain yang lebih murah & Master Tailor yang telah memiliki jam terbang tinggi dan memiliki itikad baik tentu akan menjelaskannya kepada Anda dengan senang hati.

Mr. Vincent Lee Menjelaskan Tentang Bahan Jas Bermutu Tinggi

Oiya kami juga seringkali mendengar komentar dari customer kami bahwa salah satu tanda bahan kain berkualitas adalah tampilannya lebih mengkilap, dan kami ingin sampaikan bahwa itu adalah persepsi yang cukup keliru.

Mengapa? Apakah Anda pernah beli / pakai celana panjang (biasanya lebih sering terlihat pada celana) dan karena celana nya kusut, Anda kemudian menyetrika nya dan setelah disetrika ternyata bahannya menjadi lebih mengkilap? Hehe… kami cukup yakin sebagian dari Anda pernah mengalami nya.

Nah… kilapan itu sebenarnya bukan berarti bahannya bagus, justru tingkatan kain itu lebih rendah yaitu biasanya berbahan polyester dengan tingkatan kualitas yang rendah. Ketika Anda setrika kain yang berbahan polyester, maka bahan nya cenderung  jadi mengkilap.

Jadi kita tidak bisa berpedoman mutlak seperti itu ya. Benar apabila bahan kain seperti wool silk itu lebih mengkilap tapi jenis kilapannya berbeda dan Anda akan bisa tahu persis jenis kilapannya ketika Anda berkunjung ke showroom kami (Ventlee Groom Centre) & kami perlihatkan 2 bahan berbeda, yaitu Polyester & Silk di depan mata Anda.

Terkadang kita tidak bisa menjelaskan perbedaannya dengan kata – kata, tapi saat Anda melihatnya langsung (sama seperti Anda melihat jatuhnya kain di patung tadi) maka dengan sendirinya mata Anda sanggup menjelaskan perbedaannya.

Di Ventlee Groom Centre, kami juga memajang bahan kain yang termahal dan cukup terkenal, yaitu CERUTTI. Anda dapat melihat & meraba langsung bahan kainnya dan sekaligus melihat dan meraba langsung Jas jadinya yang terbuat dari bahan CERUTTI tersebut.

Kalau Anda bertanya kepada kami perbedaannya dimana? Jujur kami "susah" menjelaskannya di artikel ini, dan kami sarankan Anda datang langsung ke showroom (datang berkunjung dan melihat itu gratis ya pak, tidak kami kenakan biaya, hehe..)

Kami yakin saat Anda melihat, memegang gulungan kainnya dan juga melihat hasil jadinya langsung berupa Jas di patung (kami memajang 2 patung yang dipasangi jas jadi dari bahan cerutti ini) maka Anda akan langsung paham perbedaan nya. Bahkan foto pun tidak dapat memperlihatkan perbedaannya.

Kemudian pertanyaan selanjutnya… apakah perlu untuk melihat brand / merk dari kain yang akan Anda bikin? “Sudah jelas apabila kain yang lebih bagus tentunya bermerk & kain yang tidak dikenal merk nya cenderung tidak berkualitas.” Apakah betul seperti itu?

Untuk topik seputar brand / merek kain, kami akan membahasnya di lain kesempatan ya karena itu adalah topik tersendiri lagi dan kalau digabungkan semua disini, kami kuatir topik pembahasannya jadi melebar, hehe..

Tapi sederhananya seperti ini saja, apakah ketika memilih baju / kemeja / celana apapun di mall / dept store… Anda dijelaskan secara terperinci tentang keunggulan sebuah merk dari kain nya?

Ataukah Anda percaya saja tanpa melihat merk kain, melainkan Anda mungkin lebih melihat merk dari pakaian tersebut ketimbang merk dari kainnya bukan. Mungkin itu insight sederhana dari kami untuk Anda.

Jadi… adakah cara praktis untuk membedakan antara bahan kain yang berkualitas dan yang tidak? Jelas ada.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda & nantikan artikel selanjutnya seputar Harga Jas Pria yang layak Anda beli / bikin. Terima kasih

Salam Master Tailor,
Vincent Lee

TUNDA DULU Pernikahan Anda Sebelum Datang Di Ventlee. Why? (Part 1)
Mungkin sebagian dari Anda bingung dan bertanya – tanya, mengapa Anda harus menunda pernikahan sebelum  DATANG (bukan membeli) ke ventlee ya?Kami mengatakan[...]
Percaya 100% Dengan Vendor Jas Pilihan Anda? Tips Ini Bisa Sangat Membantu Anda
Dari artikel – artikel sebelumnya yang kami publish di website ini, tampak semakin jelas bahwa: Menciptakan sebuah karya adibusana pria[...]
Mengenal Tipe LAPEL Pada Jas & Manfaatnya Untuk Anda Ketahui
Lapel adalah salah satu bagian dari sebuah jas yang cukup mempengaruhi penampilan dan gaya Anda ketika menggunakan jas.Seperti yang tertera[...]

Leave a Comment:

Leave a Comment: